11 Jan 2014

Sepuluh tahun yang lalu, GMT tidak ada, sekarang ada…

 

Namun baru ada, tentu belum upaya yang maksimal. Ada adalah musuh dari kemungkinan menjadi yang terbaik. Kata ‘cukup dan sudah’ adalah musuh dari ikhtiar menjadi unggul.

 

Sebagaimana GMT tercipta dan tumbuh dari mimpi, saya tetap menganjurkan kita semua, keluarga besar GMT tetap bermimpi. Mimpi pertama adalah menghadirkan GMT. Mimpi kedua adalah bertahan agar GMT tetap hadir dalam segala pelayanannya 10 tahun terakhir ini. Dan saat inilah kiranya kita memulai mimpi yang ketiga, yakni menjadikan GMT mencapai manfaatnya yang lebih besar, dimana kita semua, anggota GMT secara pribadi dan bersama-sama sekaligus mencapai manfaatnya yang lebih besar pula.

 

Secara umum kita dikenalkan dengan pola analisis SWOT yang harus diujikan ketika memulai dan mengembangkan gagasan, praktek, program atau proyek. GMT memiliki kekuatan (Strength) dan peluang-peluangnya (Opportunity).

 

GMT telah berkembang menjadi kelompok usaha yang terdiri dari GMT Property Management, GMT Institute, GMT Commercial, GMTECH,  Home Care Unit, GCC , Carindo Inti Anugrah (CIA) dan FG Store. Dan mengelola manajemen property untuk supermall, plaza, kantor perbankan, apartemen, serta proyek perumahan. GMT telah memiliki mitra lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Namun bersamaan dengan itu, GMT juga dihadapkan dengan kekurangan/kelemahan (Weakness) dan tantangan-tantangan (Threats).

 

Berlakunya ASEAN Economic Community (AEC) di tahun 2015 akan mempengaruhi peta persaingan pasar produk/jasa. Tuntutan profesionalitas dan keterampilan khusus semakin mengetat, baik di tingkat tenaga kerja  individu maupun lembaga penyedia produk/jasa. Kompetensi akan menjadi pertaruhan sangat penting, mengingat Indonesia secara umum memiliki kesenjangan besar dalam kualitas sumber daya manusianya, terutama berkenaan dengan penggunaan bahasa Inggris, komputer, keterampilan perilaku, berpikir kritis dan keterampilan dasar.

 

Namun ini yang selalu saya prinsipkan secara pribadi dengan kepercayaan diri yang saya tumbuhkan di tengah keluarga besar GMT selama ini, “Bahkan semua W dan T yang berada persis di depan kita bisa menjadi S dan O yang malah menguntungkan kita, karena kita menjaga imajinasi positif tentang kesulitan-kesulitan, serta bisa mengelolanya menjadi jalan-jalan yang terbuka yang lebih baik dibanding pihak lain kebanyakan!”

 

Karena GMT telah mencanangkan diri sebagai ‘the Property Services Gateway’, maka pantaslah kita terus berupaya melayani dengan keluasan dan keanggunan sebuah pintu gerbang. Dan sebagai bekal untuk menjadikan GMT unggul dengan keyakinan demikian adalah prinsip-prinsip sebagai berikut:

 

KECEMASAN MENJADI PRODUKTIVITAS !

 

Kecemasan adalah tuntutan untuk lebih siap. Kecemasan yang difungsikan sebagai kebutuhan untuk berubah adalah positif. Kecemasan yang kemudian dijawab oleh kegiatan melengkapi kekosongan, menjembatani gap, dan menutup kesenjangan adalah produktif. Kecemasan tambah kemalasan yang berada di pihak lain dan lingkungan sekitar, bahkan berkah untuk dijadikan pelayanan kita mengatasi kecemasan dan kemalasan mereka.

 

Kecemasan dalam perspektif GMT, tidak lain, kedalam adalah peluang untuk berubah; keluar adalah peluang untuk menemukan bentuk-bentuk produktivitas bagi pelayanannya.

 

FANATIK UNTUK TERUS DISIPLIN.

 

Keunggulan tidak pernah sebagai sebuah tindakan tunggal. Keunggulan selalu merupakan tindakan disiplin yang terus diulang. Dua disiplin yang selalu didengungkan, dan memang terbukti menghasilkan yang baik adalah bertindak efisien dan efektif.

 

Keluarga besar GMT adalah keluarga besar yang fanatik untuk terus disiplin mengembangkan sikap efisien dan efektif.

 

CERDAS: MENGGUNAKAN SUMBER DAYA YANG RELEVAN.

 

Kebodohan bukan hanya mengenai jumlah pengetahuan. Menguasai banyak pengetahuan yang tidak relevan adalah juga kebodohan. Kesenjangan bukan hanya mengenai  jumlah sumber daya. Memiliki banyak sumber daya yang tidak relevan adalah juga kesenjangan. Jaman ini adalah masa keberlimpahan segala sumber daya. Namun tanpa proses pemilihan, keputusan dan penggunaan yang tepat berkenaan sumber daya, baik berupa SDM, gagasan, keterampilan dan teknologi, maka yang terjadi adalah pemborosan.

GMT yang akan dikenal mulai saat ini adalah serangkaian SDM, gagasan, keterampilan dan teknologi yang paling relevan dalam bidang pelayanannya.

 

KREATIF YANG KONKRIT & KREDIBEL.

 

Pribadi dan perusahaan besar tidak mencoba menjadikan gagasan serta kinerjanya terlalu-inovasi. Mereka mengembangkan sikap mencari tahu apa yang benar-benar bekerja. Mereka mengawinkan kreativitasnya dengan data empiris dalam mengambil keputusan. Inovasi yang sesungguhnya terjadi ketika produk/jasa kreatif muncul dalam keadaan yang telah tersedia.

 

GMT tidak berada dalam déjà vu, maka dalam mengembangkan kreativitasnya akan melakukan studi banding kepada sumber daya yang telah tersedia, baik secara literatur maupun lapangan. Dan untuk saling berbagi gagasan dan kreativitasnya, GMT akan mengedepankan diri untuk membangun komunitas property manajemen yang handal.

 

Demikian,

 

Saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar GMT dan dengan kerendahan hati tetap berbahagia memiliki kesempatan untuk memimpin impian kita semua menjadi pribadi dan organisasi yang unggul kedepan.

 

Pada tingkat yang paling dasar, mungkin kita melayani kebutuhan biasa dari orang serta lingkungannya sehari-hari. Namun cara kita melakukannya dengan pribadi yang berdedikasi dan komitmen bersama yang antusias memungkinkan kita menjadikan pelayanan kita istimewa dan membuat perbedaan.

 

 

Salam GMT,

 

Frans Go

CEO

 

SELAMAT TAHUN BARU 2014

Blog Categories: 

Visitors

  • Total Visitors: 265969